0
Posted by Unknown on 19.23

Kegunaan PING pada Command Prompt




Ping (singkatan dari Packet Internet Groper) adalah sebuah program utilitas yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakah sebuah komputer telah terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan cara mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diuji coba konektivitasnya dan menunggu respons darinya. Nama ping datang dari sonar sebuah kapal selam yang sedang aktif, yang sering mengeluarkan bunyi ping ketika menemukan sebuah objek.

Ping sendiri awalnya diciptakan oleh Mike Muuss, pada tahun 1983. Terinspirasi dengan sifar sonar kapal selam dalam menemukan suatu objek, yaitu mengirimkan sinyal sonar dan dipantulkan kembali oleh objek.
Analogi dengan ping, yaitu mengirimkan paket data dan dibalas dengan paket juga.
Karena kemampuannya untuk menguji konektivitas sepasang mesin jaringan, Ping merupakan program yang powerful dalam troubleshouting jaringan. Seringkali diagnosa awal troubleshouting jaringan menggunakan program ini. Saat ini ping merupakan program standar bawaan mesin-mesin Windows, Mac, linux, BSD dan OS lainnya. Dalam pengoperasiannya, ping dapat berjalan tanpa perlu GUI, cukup diatas command line pada cmd atau terminal.

Apabila utilitas ping menunjukkan hasil yang positif maka kedua komputer tersebut saling terhubung di dalam sebuah jaringan. Hasil statistik keadaan koneksi ditampilkan dibagian akhir. Kualitas koneksi dapat dilihat dari besarnya waktu pergi-pulang (roundtrip) dan besarnya jumlah paket yang hilang (packet loss). Semakin kecil kedua angka tersebut, semakin bagus kualitas koneksinya. 

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 hendi pradana All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.