0

Cara memperbesar Virtual memory

Posted by hendi pradana on 17.47

Cara memperbesar Virtual memory


Cara memperbesar Virtual memory

 
Sebelum kita mempelajari gimana caranya untuk memperbesar virtual memory pada OS (operating system) anda, alangkah baiknya kita perlu mengetahui apa itu virtual memory.
Virtual memory yang dimaksud adalah RAM (Random Acces Memory) dimana RAM ini berfungsi untuk menampung sementara data-data yang akan diproses di processor dan juga menampung sementara data-data yang telah di proses, dengan kata lain RAM adalah jembatan penghubung antara processor dengan hardisk.
Karena hardisk berupa piringan yang berputar (dengan kecepatan mekanik), maka kecepatan hardisk tidak akan bisa menyamai kecepatan processor. Maka dari itulah dibutuhkan alat untuk menyeimbangkan kedua kecepatan ini (processor & hardisk).

Membuat Virtual Machine Dengan Menggunakan VirtualBox di Windows

 
Kadangkala, ada suatu program tertentu yang ingin kita jalankan namun terkendala dengan kompatibiltas Operating System (OS). Misalnya ada aplikasi yang kita tahu dulu bisa berjalan di WinXP tapi kini setelah dicoba lagi di Win7 tidak bisa dibuka (crash). Atau bahkan bisa juga ada aplikasi khusus yang kita butuhkan untuk pekerjaan, namun teryata aplikasi tersebut hanya bisa berjalan di Windows sementara komputer kita berbasis Linux.
Tentu saja, kita bisa menggunakan sistem Dual Booting untuk menanam dua OS dalam satu komputer. Tapi kadang cara ini kurang praktis karena banyak yang harus dipersiapkan seperti misalnya mengatur partisi, mengatur file, dll. Selain itu apabila suatu saat kita sudah tidak membutuhkan lagi OS yang kedua, maka proses uninstall-nya tidak mudah. Yang sering terjadi akhirnya malah format ulang, dan itu berarti atur partisi dan file lagi.
Membuat Virtual Machine Dengan Menggunakan VirtualBox
Sebenarnya, ada satu solusi yang praktis untuk hal ini, yaitu dengan menggunakan VirtualBox. Dengan VirtualBox, Anda bisa seolah-olah membuat komputer baru (virtual machine) dan meng-install-nya dengan  OS yang Anda inginkan (Guest OS). Lebih hebatnya lagi, Anda bisa menjalankan keduanya dalam waktu yang bersamaan; berpindah dari Guest ke Host dan sebaliknya dengan mudah. Jika sudah tidak membutuhkan lagi, Anda tinggal menghapus saja (removevirtual machine tersebut tanpa proses yang rumit. Continue reading »

Cara Membuat Virtual Hard Disk Drive di Windows 7

 
Virtual Hard Drive Windows 7Pernahkah anda berharap memiliki hard disk tambahan untuk menyimpan file? Atau ingin memiliki kapasitas tambahan untuk sharing file dengan orang lain melalui jaringan? Salah satu fitur menarik yang disediakan oleh Windows 7 adalah memungkinkan kita untuk membuat virtual hardisk drive yang akan membantu kita untuk membuat virtual drive baru pada komputer atau notebook yang kita miliki.
Virtual hard disk drive adalah sebuah media penyimpanan virtual yang memanfaatkan hard disk fisik yang ada di perangkat komputer kita. Dengan memanfaatkan teknologi ini, kita dapat mengatur hard disk virtual tanpa harus mengganggu drive yang lain.
Proses ini akan menciptakan sebuah drive baru pada perangkat komputer kita tanpa harus melakukan partisi ulang atau tambahan pada hard disk drive yang tentunya akan memperkecil resiko kehilangan data dari pada saat kita membuat partisi tambahan pada hard disk. Windows 7 akan membuat file .VHD baru yang menjadi isi seluruh file pada hard disk virtual dengan ukuran minimal 3MB.

Memperbesar Virtual Memory Pada Windows 7

May 18, 2011 by  Under Tips & Trik - 228 Comments  
Beberapa waktu yang lalau ada yang beratanya melalui YM bagaimana cara memberbesar pada Windows 7? Sebenarnya pada artikel terdahulu kami pernah membahas bagaimana membuat virtual memory pada Windows XP, tetapi karena pengoprasiannya sedikit berbeda, tidaka ada salahnya kami akan membuatkan panduannya di sini.
Memperbesar Virtual Memory Pada Windows 7

Mengatur Fungsi Windows Dengan Aplikasi Manage It


Secara default ada banyak sekali fungsi-fungsi Windows yang aktif dan berjalan di dalam komputer meskipun hampir tidak pernah digunakan atau bahkan benar-benar tidak digunakan. Biasanya untuk beberapa tipe orang yang tidak suka mengotak-atik komputer, fungsi-fungsi seperti Registry Editor, Command Prompt, Run, Help and Support, Taskbar Context Menu atau Bahkan Control Panel tidak pernah tersentuh oleh mereka. Nah apabila Anda tipe pengguna yang lurus dan anteng, barangkali Anda cocok untuk menginstal aplikasi yang satu ini; Manage It!
Mengatur fungsi Windows dengan aplikasi Manage ItAplikasi Manage It! memiliki kemampuan mengatur fungsi-fungsi default Windows seperti Registry Editor, Command Prompt, Run, Help and Support, Taskbar Context Menu, Control Panel dan masih banyak lainnya. Hebatnya lagi aplikasi ini tidak perlu Anda instal ke dalam sistem komputer Anda, berukuran hanya 481kb, mudah digunakan dan lagi-lagi gratis.

Apa Itu dan Apa Fungsi UAC (User Account Control) di Windows 7?


Mungkin anda pernah mendengar dari orang-orang di sekliling anda kalau Windows 7 sekarang lebih sulit dan kebayakan meminta konfirmasi. Mau install ini minta konfirmasi, mau menambah ini minta konfirmasi, mau melakukan apa saja selalu minta konfirmasi. Beberapa orang menyebut, windows sekarang “kebanyakan tanya” tidak seperti Windows XP, tinggal sekali pencet tombol klik selesai. Kalau anda menjumpai hal yang sama, yang seperti inilah yang dinamakan dengan User Account Control (UAC) pada Windows. Microsoft memulai menerapakan UAC pada Windows Vista dan terus menyempurnakannya pada Windows 7.
User Account Control adalah fitur Windows yang akan membantu anda tetap mengendalikan system dengan cara mengkonfirmasi user (Dalam hal ini anda sendiri) apakah menyetujui perubahan tersebut atau tidak. Jika setuju, maka UAC akan meneruskan perintah dan jika anda tidak setuju maka tidak akan ada perubahan system.
Fungsi User Account Control (UAC) di Windows 7
Ketika sedang menggunakan komputer untuk melakukan tugas biasa seperti seperti membaca eMail, membuat dokumen Word-Excel, mendengarkan musik dan tugas sederhana yang lain, semua User Account bisa menggunakannya dengan mudah. Tetapi, ketika menggunakan untuk melakukan tugas dengan level administrator (Sebagai contoh menginstall program, menghapus program dan yang sejenis), UAC akan memberitahu apakah anda memberi izin atau tidak. Jika pada saat itu anda login menggunakan Administrator (Atau user lain dengan level yang sama) maka anda tinggal klik tombol Yes untuk mengizinkan atau klik tombol No untuk membatalkan.

Membuat Jaringan Komputer Sederhana (virtual) dengan Virtual Box

  
VirtualBox adalah aplikasi virtual mesin yang memungkinkan Anda untuk menginstall Sistem Operasi (SO) lain, dan dijalankan bersamaan di atas sistem operasi induknya. VirtualBox adalah aplikasi open source keluaran Sun MicroSystem (sekarang diakuisisi oleh Oracle) yang ditargetkan untuk Server, desktop dan penggunaan embedded.

Selain digunakan untuk mencoba aplikasi OS lain, virtual box juga bisa digunakan untuk membuat virtualisasi jaringan komputer sederhana.

Membuat Virtual Drive di Windows XP

  
Karena ada request dari beberapa pengunjung yang ingin membuat virtual drive pada Windows XP, maka kami mencoba mengakomodir permintaan tersebut dan memberikan tutorial bagaimana cara membuat virtual drive pada OS windows XP.
Sebelumnya, kami akan sedikit menjelaskan apa itu virtual drive pada Windows. Drive adalah sebuah pengalokasian dari media penyimpan data yang dirutkan dalam bentuk huruf mulai dari A sampai dengan Z. Drive A dan B adalah alokasi dari floppy drive (disket), sedangkan C – Z adalah alokasi drive untuk hard disk dan CD/DVD, Rom/RW

0 Comments

Poskan Komentar

Copyright © 2009 hendi pradana All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.