0
Posted by hendi pradana on 21.54

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER


Sejarah jaringan komputer mencatat penemuan-penemuan peralatan jaringan komputer dan penemuan alat komunikasi data berupa modem dan ethernet.  Ide-ide inilah kemudian dijadikan awal sejarah jaringan komputer.
·     1970 sudah lebih dari 10 komputer berhasil dihubungkan sehingga komputer-komputer tersebut bisa berkomunikasi satu sama lain.
·   1972 Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan satu tahun sebelumnya untuk ARPANET. Dengan mudah dan langsung populer memperkenalkan ikon (@) “at”
·    http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTu7VRXwKWW2AWZgPHYmRVBuerFjYfGJQaQtGWERu4d8RaEWoMd1973 jaringan komputer ARPANET berkembang luas keluar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama di luar USA yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama  2 orang ahli komputer Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar  yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network (Internet). Pertama kalinya dipresentasikan di Sussex University.
  
·         Pada tahun yang sama Robert Metcalfe menyusun metode koneksi jaringan ethernet di Xerox Palo Ato Research Center
·        1975 Larry Robert, Telenet, packet-switching network komersi sipil setara ARPANET
·    1976 (26 Maret 1976)  ratu Inggris berhasil mengirimkan sebuah e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. setahun kemudian, lebih dari 100 komputer telah bergabung dalam system ARPANET dan membentuk sebuah jaringan atau Network.
·      1979 Tom Truscoot, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan Newsgroups pertama yang bernama USENET.
·    1981  France Telecom menciptakan sebuah gebrakan baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama dunia.
·       1982 Seiring bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan, maka dibentuk TCP (Transmission Control Protocol) atau yang lebih dikenal IP (Internet Protocol) hingga saat ini.
·    Di daratan Eropa muncul sebuah jaringan tandingan yang dikenal dengan Europe Network ( EUNET ). Jaringan eunet ini menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
·         1983 ARPANET terbagi dua ARPANET dan MILNET, terpecah menjadi militer (MILNET) dan segmen sipil (ARPANET).
·   1984 untuk menyeragamkan alamat jaringan komputer , diperkenalkan system dengan nama DOMAIN yang lebih dikenal dengan Domain Name System ( DNS ). dengan system DNS, komputer yang tersambung dengan jaringan melebihi 1.000 komputer.
·   1985 Internet Modern memperoleh dukungan ketika National Science foundation membentuk NSFNET.
·    1988  Jarkko Oikarinen  memperkenalkan Internet Relay Chat (IRC) yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan ( Chatting )
·     1990 Tim Berners Lee merancang sebuah programe editor dan browser yang dapat menjelajahi komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. programe inilah yang disebut WWW atau World Wide Web.
·      1992 komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui lebih dari satu juta komputer.  Pada tahun yang sama muncul satu istilah Surfing (Menjelajah).
·        1993 Browser Mosaic web dirilis.
·       1994 situs-situs dunia mulai tumbuh dengan subur  dan bentuk pertama kalinya Virtual Shopping /e-retail muncul diberbagai situs. Dunia langsung berubah dengan diluncurkannya perusahaan Search Engine Pertama, yaitu Yahoo! yang dibangun oleh David Filo dan Jerry. 
·      Akhir1994 diluncurkan  Netscape Navigator 1.0. Hingga masa ini lahir media jejaring sosial dari awal millenium 21 dari frienster dan saat ini populer adalah Facebook dan Twiter.

Sumber :

0 Comments

Poskan Komentar

Copyright © 2009 hendi pradana All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.